info / journal / post

Juwalan Online



Saya lihat beberapa teman saya sekarang memulai bisnis jualan barang online. Karena saya pernah beberapa kali menjadi pembeli online, maka ada baiknya saya menulis tentang beberapa situs jualan online yang pernah saya kunjungi .




Ada sebuah situs yang berjualan buku. Pada saat itu saya membeli satu buku, dan saya transfer sejumlah uang plus ongkos kirimnya. Celakanya bukti transfernya hilang!! Dan karena saya tidak akrab dengan si penjual, saya tidak menyebutkan kapan saya transfer, karena hanya tersedia form order saja. Tunggu punya tunggu, barang tidak pernah nongol…Dan tidak ada konfirmasi apapun dari si penjual, padhal penjualnya mencantumkan nomor HP di situsnya. Karena jengkel, saya telepon dia. Dan dijawab dengan enteng " kapan transfernya ‘. Saya jawab " sekitar bulan …"


Terus dia bilang " oh maaf, kita nggak bisa liat perbulan, karena rekening kita jarang diprint, jadi taunya jumlah global saja" Nah lo!!




Terpaksa sambil ngomel saya jawab " Mas, seharusnya kalau jualan online, anda harus punya rekening online. Jadi setiap saat anda bisa melihat siapa yg transfer ke rekening anda. Jadi harus sering-sering online juga, jangan pelit pulsa buat online " Dia terdiam…..


Artinya? Anda harus punya
rekening online
………….




Ada satu situs lagi, yang pemiliknya nggak cuma memajang barang dagangannya..Tapi juga memajang foto2 pemiliknya, disertai dengan kata2 yang
menyombongkan dirinya
.,seolah-olah dia yang paling kaya…Jujur saja ini membuat sebal calon konsumen…………..Artinya? Jangan menulis dengan nada sombong







Situs yang paling bagus dan profesional adalah
situs ini.


Pada awalnya dia menjual aksesories wanita [ gelang, kalung , anting ] yang pada akhirnya kelihatannya berkembang menjadi macam2. Pemiliknya punya MP
disini


Kelihatannya dia lulusan sekolah mode. situsnya tidak melulu berisi barang dagangan, tapi juga artikel-artikel yang berkaitan dengan bisnis dia. Konon kemanapun pergi si pemilik selalu membawa laptopnya, bukan buat gaya- tapi untuk melihat perkembangan bisnisnya [ ini yang selintas saya baca dari blognya ].




Servisnya? Sangat Bagus!! Dulu saya order ke dia, saat saya pertama buka MP, belum tau fitur2 MP, ternyata dia PM saya, dan belum saya buka….dengan rela hati dia menelepon saya untuk konfirmasi order dari saya. Dan setelah pengiriman barang dilakukan, dia SMS saya untuk memastikan barang telah sampai dengan selamat ke tujuan. Arinya apa?
Jangan pelit pulsa!!







Mungkin yang perlu ditiru dari dia adalah promosi ke media…Karena dia bergerak dibidang aksesories wanita, maka dia mensponsori beberapa pemotretan di majalah atau artikel di majalah, supaya webnya bisa lebih dikenal. Artinya apa? Jangan menutup diri….

Mungkin untuk para penjual online, bisa meniru cara bisnis Vilia Ciputra, yang konon emang sudah terkenal sebagai pengusaha bisnis online, sampai diwawancarai beberapa majalah……

Semoga berguna…Salam

<i> gambar dari simlight.net</i>

66 thoughts on “Juwalan Online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s