journal / plagiat / post

[ catatanku ]Hasil Plagiat

Lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diciptakan Wage Rudolf Supratman, ternyata merupakan karya jiplakan (contekan). Tudingan tersebut datang dari budayawan dan seniman senior Indonesia bernama Remy Sylado (23761). Menurut Remy yang bernama asli Yapi Tambayong ini, lagu Indonesia Raya merupakan jiplakan dari sebuah lagu yang diciptakan tahun 1600-an berjudul Leka Leka Pinda Pinda. Remy juga mengungkapkan selain Indonesia Raya, sebuah lagu lain berjudul Ibu Pertiwi juga merupakan karya jiplakan dari sebuah lagu rohani Kristen (lagu gereja).

Ungkapan tersebut disampaikan Remy Sylado di Jakarta 4 Januari 2007 pada saat menjelaskan hasil Festival Film Indonesia (FFI) 2006 yang kontroversial.

Rupanya founding fathers kita memang sudah terbiasa melakukan jiplak menjiplak. Pancasila, yang diakui Bung Karno (BK) sebagai hasil karyanya dengan memerah nilai-nilai yang hidup di Nusantara, ternyata juga hasil jiplakan dari asas Zionisme dan asas Freemasonry, seperti Monotheisme (Ketuhanan Yang Maha Esa), Nasionalisme (Kebangsaan), Humanisme (Kemanusiaan yang adil dan beradab), Demokrasi (Musyawarah), dan Sosialisme (Keadilan Sosial).

BK tanpa malu-malu mengatakan Pancasila yang kemudian dijadikan asas negara itu merupakan karya otentiknya. Padahal, karya contekan itu sengaja dijadikan landasan ideologis untuk membendung kecenderungan rakyat Indonesia saat itu yang mau menjadikan Islam sebagai asas. Kemampuan retorika BK yang punya daya ‘sihir’ itu akhirnya bisa mengecoh tokoh Islam saat itu.

Caranya, selain mengatakan Pancasila sebagai ekstrak dari nilai-nilai yang hidup dan berkembang di Indonesia, BK juga menempatkan sila Ketuhanan di urutan terakhir. Dengan demikian, maka yang diributkan tokoh Islam kala itu adalah bukan Pancasilanya, tetapi urutan sila-silanya.

Maka, tokoh Islam kala itu, berusaha keras memperjuangkan agar sila Ketuhanan berada di urutan pertama. Akhirnya, mereka merasa sudah ‘berhasil’ memperjuangkan kepentingan Islam dengan menempatkan sila Ketuhanan pada urutan pertama. Namun sebenarnya mereka terpedaya. Tokoh umat itu akhirnya sama sekali tidak menolak sebuah karya contekan untuk dijadikan landasan ideologis. Hingga kini.

Karya contekan lain yang diakui Bung Karno sebagai karya otentiknya adalah teks Proklamasi yang dibacakannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Sebagaimana bisa dilihat, dokumen sejarah asli teks Proklamasi berupa tulisan tangan BK, terlihat banyak coretan. Karena sesungguhnya naskah itu merupakan jiplakan dari naskah proklamasi negara Islam yang dibuat SM Kartosoewirjo (SMK).

http://swaramuslim.net/more.php?id=5486_0_1_0_M


ARTIKEL TERKAIT

20 thoughts on “[ catatanku ]Hasil Plagiat

  1. Ia mengutip kesaksian Kusbini [penulis lagu BAGIMU NEGERI] kepada majalah TOP Nomor 29 Tahun IV. Remy juga mengutip keterangan Salamoni, dirigen Orkes Harmoni Kepolisian Semarang, kepada SINAR INDONESIA, 14 Agustus 1963. Salamoni mengatakan, ada delapan bar (birama) di LEKKA-LEKKA plat 78 Fono 2132, Euro, yang sama dengan INDONESIA RAYA.

  2. Aturan 8 bar itu versi lama mbak. sekarang sudah gak dipake lagi.
    Lagu yang dibuat sebelum negara membuat kesepakatan dengan negara lain mengenai HAKI tidak serta merta berlaku pasang surut. Jadi tuduhannya batal secara hukum mbak ^_*

  3. Sumbernya tidak valid, swaramuslim suka memelintir data dan fakta supaya sesuai tujuan mereka. Ya gini ini kualitas ‘islam politik’.
    Pancasila jiplakan? Ya jelas tidak dong. Kalau menyerap ideologi sosialisme yg tengah berkembang di barat, semangat perjuangan antikolonialisme dan konteks lokal Indonesia, ya memang iya. Tapi bukan menjiplak.
    Saya sudah lama suka tertawa kalau membaca media semacam swaramuslim, eramuslim, Sabili, dsb. Kerjaannya semacam spindoctor dengan dalih advokasi umat. Justru mereka itu tukang provokasi yg mengancam keIndonesiaan kita.
    Hanya Sabili dengan pemred baru yg skrg lebih objektif. Lainnya msh suka fitnah sana sini.

  4. nadanusantara said: gue ati2 banget posting soal ini Doel, dan gue takut berkomentar………….

    sekarang jaman terbukaan, asal gak menyudutkan dan bersifat membangun , okeh2 aja..
    kalo masih begitu, yah kita balik kejaman baheula yg semua serba takut

  5. amaltiagunawan said: aku mata mata

    Samanya dimana tho mbak? biar fair, cantumin aja not kedua lagu ini.. kayaknya ini kerjaan orang negri jiran yang nyari-nyari kerjaan aja gara-gara lagu ‘sailor moon’-nya dibilang njiplak lagu stambul ‘martabak manis’…

    Lagipula, not itu khan jumlahnya terbatas ‘do’ ampe ‘si’, paling 3 oktave, (21 note umum, yang bisa dinyanyikan oleh orang awam).. kalo dituduh njiplak karena ada nada ‘do ampe si’-nya sih namanya naif banget..
    Kalo mau cari perkara, si penggugat ini bisa digugat balik kok..😀

  6. asadiyoko said: Samanya dimana tho mbak? biar fair, cantumin aja not kedua lagu ini.. kayaknya ini kerjaan orang negri jiran yang nyari-nyari kerjaan aja gara-gara lagu ‘sailor moon’-nya dibilang njiplak lagu stambul ‘martabak manis’…

    sudah ada mas diyoko, cuma saya takut ‘membukanya’ untuk publik…………..karena takut ‘ kebijakan admin MP..Monggo add saya🙂

  7. asadiyoko said: Samanya dimana tho mbak? biar fair, cantumin aja not kedua lagu ini.. kayaknya ini kerjaan orang negri jiran yang nyari-nyari kerjaan aja gara-gara lagu ‘sailor moon’-nya dibilang njiplak lagu stambul ‘martabak manis’…

    maksude di-add iki opo tho mbak ? add as friend tho..? udah kok mbak, dari dulu malah..

  8. asadiyoko said: Samanya dimana tho mbak? biar fair, cantumin aja not kedua lagu ini.. kayaknya ini kerjaan orang negri jiran yang nyari-nyari kerjaan aja gara-gara lagu ‘sailor moon’-nya dibilang njiplak lagu stambul ‘martabak manis’…

    woooo [ dasar pikun ]

  9. asadiyoko said: Samanya dimana tho mbak? biar fair, cantumin aja not kedua lagu ini.. kayaknya ini kerjaan orang negri jiran yang nyari-nyari kerjaan aja gara-gara lagu ‘sailor moon’-nya dibilang njiplak lagu stambul ‘martabak manis’…

    wah…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s