info / journal / post

Inilah Kejutan Apple: iPhone 3GS



SAN FRANSISCO, KOMPAS.com – Tanpa menyia-nyiakan waktu, Apple langsung mengumumkan semua kejutannya di hari pertama Apple’s World Wide Developers Conference (WWDC) di San Fransisco, Senin (8/6). Yang paling ditunggu-tunggu pun akhirnya muncul yakni model baru iPhone.

Model terbaru iPhone disebut iPhone 3GS. Kehadirannya menambah jajaran iPhone sebelumnya yakni iPhone classic, dan iPhone 3G. iPhone 3GS sudah menggunakan sistem operasi iPhone 3.0 yang juga diumumkan di ajang ini. Salah satu fitur tambahan pada sistem operasi baru ini adalah kemampuan cut, copy, dan paste yang belum bisa dilakukan pada versi sistem operasi sebelumnya.

Fitur baru lainnya voice control yang dapat dipakai untuk melakukan panggilan atau mengetahui judul lagu yang sedang dimainkan. Saat pengguna menyebutkan nama kontak atau nomor telepon, voice control akan melakukan verifikasi untuk melakukan dial otomatis. Untuk mengetahui judul lagu, katakan dan iPhone akan menjawab.

Dibandingkan iPhone versi sebelumnya, iPhone 3GS dilengkapi hardware baru. Misalnya prosesor lebih cepat dan pilihan kapasitas memori dua kali lipat. Daya tahan baterainya juga lebih lama. iPhone 3GS juga dilengkapi kamera 3 megapixel yang dapat dipakai untuk melakukan rekaman video dan langsung mengeditnya di perangkat tersebut.

Bahkan Apple mengklaim bahwa kemampuan membuka aplikasi dan membuka halaman web pada iPhone 3GS mencapai dua kali lipat daripada iPhone 3G. Selain itu, kemampuan grafisnya mendukung mode 3D sehingga memberi pengalaman bermain game lebih memuaskan.

Selain itu juga ada fitur-fitur interaktif seperti Nike + iPod yang memberikan tools untuk mendukung training fisik. Juga kompas digital yang dapat memberikan langsung informasi arah.

iPhone 3GS tersedia dalam dua model dengan pilihan memori 16 GB dan 32 GB dan warna hitam atau putih. Untuk versi 16 GB dijual mulai seharga 199 dollar AS dengan kontrak langganan AT&T selama dua tahun. Sedangkan versi 32 GB dijual mulai harga 299 dollar AS dengan kontrak serupa. iPhone 3GS mulai tersedia 19 Juni di pasar AS. Di luar AS, tunggu saja.

12 thoughts on “Inilah Kejutan Apple: iPhone 3GS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s