imaniar / kids brothers / lidya / photos / post / the big kids

The Kid Brothers, Keluarga Pemusik

Dari enam anak-anak Said Kelana–Idham, Irommy, Lydia, Imaniar, Inang dan Iwang–, kini praktis hanya Niar, Iwang dan Inang saja yang masih terjun di dunia musik komersil. Trio The Kids dibentuk Said Kelana tahun 1967 yang terdiri dari Idham, Iromi dan Lidya. Di awal 1970-an, masyarakat di Tanah Air kepincut dengan gaya bermusik dan menyanyi mereka ketika tergabung dalam The Kids yang kemudian berubah menjadi Kids Brothers saat Imaniar, Inang dan Iwang bergabung. Said yang pensiunan tentara Kodam Jaya begitu keras mendidik keenam putra-putrinya dalam bermain musik. Niar sudah dilatih bernyanyi serta bermain saksofon dan trumpet sejak umur empat tahun. Kala itu ada yang menyamakan mereka sebagai The Osmond Family-nya Indonesia.

Saat The Big Kids bubar pada tahun 1985 banyak penggemar yang menyayangkan. Namun, Imaniar dan Lidya sanggup bertahan dan mengembangkan karir. Tahun 1986, Adi, seorang produser yang mengedarkan album rekaman dengan bendera PT Dian Records yang kini bernama Prosound Records, membujuk Said untuk merelakan kedua putrinya berduet lepas dari band The Kids. "Pak Adi bisa meyakinkan Abah kalau kami bisa sukses di jalur pop yang lebih enteng ketimbang jazz rocknya The Big Kids," kisah Imaniar yang bersuamikan Max Don, seorang DJ.

Musik pop yang enak dicerna tapi ekslusif menjadi kemasan manis bagi olah vokal khas Niar dan kakaknya. Vokal Lidya yang cenderung ngejazz berpadu unik dengan nuansa R&B yang funky miliknya. Sayangnya, hanya dua album yang mereka hasilkan. Niar pun sempat bersolo karier dengan melempar beberapa album, di antaranya Hasratku dan Kacau yang terjual hampir satu juta kaset. Gaya Niar yang atraktif dalam mendendangkan lagu-lagu bernuansa R&B di akhir 1980-an menjadikan Niar mendapat julukan "Janet Jackson Indonesia". "Saya sebenarnya tidak terlalu suka dengan julukan itu," kata Niar yang mengaku sangat terpukul dengan kepergian Abahnya pada 1991.

Reuni dengan Lidya

Kenyangnya pengalaman di dunia tarik suara mengukuhkan tekad Niar untuk berbagi ilmu. Tak heran, jika kini Niar lebih senang mengurus sekolah entertainer-nya selain membimbing vokal secara pribadi sejumlah penyanyi. Kegiatan itu diakui Niar sebagai bagian dari obsesinya. "Saya rasanya sudah mentok kalau disuruh tampil manggung dan rekaman lagi. Lebih baik di belakang layar saja," katanya. Maka Niar begitu senang ketika diminta mengasuh keempat keponakannya.

Dari generasi kedua Said Kelana, bukan hanya Thiflah saja yang sudah tampil di dunia tarik suara. Sebelumnya, ada yang sudah menunjukkan bakat menyanyi. Dua di antara personel grup vokal rap Neo adalah putra Idang. Namun, Niar buru-buru menampik jika dirinya berniat mendirikan The Big Kids generasi baru. "Rasanya sulit menyatukan mereka dalam bermusik. Saya tidak mau keras. Biar saja anak-anak kami nanti memilih sendiri musik seperti apa yang akan dimainkan," kata Niar yang sudah mulai melatih putranya, Malcom, 3 tahun, bermain keyboard.

Niar pun mengaku enggan kalau diminta untuk kembali berduet dengan sang kakak, Lidya. Reuni duet maut ini agaknya jauh dari terlaksana karena menurut Niar jiwa bermusiknya sudah tidak bertemu dengan Lidya. Kini, Lidya mengabdi pada kegiatan musik rohani Nasrani. "Susah ketemunya. Sebenarnya banyak pihak yang minta. Tapi untuk sekedar bernyanyi lagu nostalgia saja, susah. Kami tidak pernah ada waktu," kata Niar menutup pembicaraan.

Sumber : lirikdanlagu



6 thoughts on “The Kid Brothers, Keluarga Pemusik

  1. suka Imaniar karena lagunya keren abis bisa buat dancing
    suka Iwang Noorsaid karena dia seorang arranjer yg bikin sebuah lagu jadi enak didengar..
    suka Inang Noorsaid karena gebukan drumnya FULL POWER

  2. nadanusantara said: .Sayang gue belum pernah dapetin album religinya.

    waktu The Big Kids ini muncul , saya rada geli ngeliat salah satu anggotanya ada yang kumisan .. masih membayangkan bocah bocah kecil nakal yang difilm " Bing Slamet Sibuk "

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s