photos / post / si unyil

Si Unyil, Yang Legendaris

Si Unyil adalah film seri televisi Indonesia produksi PPFN yang mengudara setiap hari Minggu pagi di stasiun TVRI dimulai pada tanggal 5 April 1981 sampai 1993.

Ditujukan kepada anak-anak, film seri boneka ini menceritakan tentang seorang anak Sekolah Dasar (yang lalu akhirnya setelah bertahun-tahun lamanya bisa mencapai posisi Sekolah Menengah Pertama) bernama Unyil dan petualangannya bersama teman-temannya. Kata "Unyil" berasal dari "mungil" yang berarti "kecil".

Si Unyil telah menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dari budaya populer di Indonesia, dan banyak orang tidak dapat melupakan berbagai unsur seri ini, mulai dari lagu temanya yang dimulai dengan kata-kata "Hom-pim-pah alaiyum gambreng!" sampai tokoh-tokoh seperti Pak Raden dan Pak Ogah dan kalimat seperti "Cepek dulu dong!"

Saat ini boneka-boneka si Unyil telah menjadi koleksi Museum Wayang di Jakarta.

Film ini pernah dicoba diangkat lagi oleh PPFN dengan bantuan Helmy Yahya pada tahun 2001, dengan meninggalkan atribut lama dan memakai atribut baru agar sesuai dengan jamannya, akan tetapi usaha itu gagal.

Pada tahun 2007, acara ini dihidupkan lagi dengan nama Laptop Si Unyil, digawangi oleh Trans7. Karakter, lagu pembuka, dan cerita tetap dipertahankan, kecuali beberapa yang diperbaharui seiring zaman. Seperti ucapan Pak Ogah, yang dulu "Cepek dulu dong" kini jadi "Gopek dulu dong"; dan Unyil didampingi temannya membahas hal-hal pendidikan dengan laptop yang dimiliki teman si Unyil.


















31 thoughts on “Si Unyil, Yang Legendaris

  1. nadanusantara said: halah..ketauan tuh

    Dari beberapa kaset si Unyil yang ditampilin mbak Wi, gak semuanya diisi suaranya oleh pemain asli dari FILM BONEKA SI UNYIL, hanya 2 kaset saja yang sepertinya diisi suaranya oleh Bambang Utoyo ( pengisi suara Asli di awal awal produksi Unyil ) selebihnya adalah anak anak sanggar di bawah pimpinan Is Haryanto.

  2. lanangjaka said: Dari beberapa kaset si Unyil yang ditampilin mbak Wi, gak semuanya diisi suaranya oleh pemain asli dari FILM BONEKA SI UNYIL, hanya 2 kaset saja yang sepertinya diisi suaranya oleh Bambang Utoyo ( pengisi suara Asli di awal awal produksi Unyil ) selebihnya adalah anak anak sanggar di bawah pimpinan Is Haryanto.

    Sepertinya begitu ya mas, karena emang suaranya beda..Makasih infonya

  3. lanangjaka said: Dari beberapa kaset si Unyil yang ditampilin mbak Wi, gak semuanya diisi suaranya oleh pemain asli dari FILM BONEKA SI UNYIL, hanya 2 kaset saja yang sepertinya diisi suaranya oleh Bambang Utoyo ( pengisi suara Asli di awal awal produksi Unyil ) selebihnya adalah anak anak sanggar di bawah pimpinan Is Haryanto.

    Pak Ogah, citra pengangguran yg menjadi musuh masyarakat

  4. lanangjaka said: Dari beberapa kaset si Unyil yang ditampilin mbak Wi, gak semuanya diisi suaranya oleh pemain asli dari FILM BONEKA SI UNYIL, hanya 2 kaset saja yang sepertinya diisi suaranya oleh Bambang Utoyo ( pengisi suara Asli di awal awal produksi Unyil ) selebihnya adalah anak anak sanggar di bawah pimpinan Is Haryanto.

    pak raden… citra orang tua yang selalu benar dan maunya semua omongannya harus dituruti

  5. lanangjaka said: Dari beberapa kaset si Unyil yang ditampilin mbak Wi, gak semuanya diisi suaranya oleh pemain asli dari FILM BONEKA SI UNYIL, hanya 2 kaset saja yang sepertinya diisi suaranya oleh Bambang Utoyo ( pengisi suara Asli di awal awal produksi Unyil ) selebihnya adalah anak anak sanggar di bawah pimpinan Is Haryanto.

    pengen video-nya udah lama nyari2
    buat Rama

  6. nadanusantara said: Aku akan upload ceritanya, tapi kalau videonya rada susah,eda

    heeh nyante saja lahh
    sampeyan kan langgananya
    sama gua juga langganan dia hhahaahha
    deket ? ngapain lahh ada ada saja sampeyan ini
    saya cuman info saja kan dibawah ada tulisan anda sendiri🙂

    btw salam kenal ya mpok🙂
    heheeh salam jadul juga🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s