journal / mel shandy / post / rock

Selain Nyanyi, Mel Shandy Masih Tekuni Qariah


Kurun 1980-an dan 1990-an adalah masa-masa emas perkembangan musik rock di Indonesia. Selain grup rock yang menjamur, belasan lady rocker menunjukkan eksistensinya. Ke mana para lady rocker itu kini?













NUANSA rock langsung terasa saat berbincang dengan Mel Shandy. Suara lantang, berat, dan serak-serak basah pemilik nama asli Melinda Susilarini ini serasa memenuhi ruang tamu rumahnya di kawasan Ujung Berung, Bandung Timur.




”Ya, begini ini aku Mas sekarang. Sibuk ngurus anak aja. Si kecil terkadang juga ikut aku manggung dan pergi keluar rumah,” terang wanita kelahiran Bandung, 26 September 1971 itu sembari menimang bayinya. Mel Shandy adalah salah satu lady rocker Indonesia seangkatan Yossy Lucky, Lucky Reza, dan Inka Christie atau di bawah angkatan Nicky Astria, Atiek C.B., dan Ita Purnamasari.




Mel Shandy yang juga dikenal sebagai qariah kini mengaku sibuk menyiapkan perbekalan untuk konser di dua negara Timur Tengah, yakni Uni Emirat Arab dan Qatar. ”Aku suka menyiapkan segala sesuatu sendiri, termasuk untuk tiga konser di Qatar dan satu di Dubai bersama Ki Ageng Ganjur,” jelas ibunda Celline Salsabila Dimelda Mulya, 8,5; Zaneta Dimelda Mulya, 7, dan Alifbatasya Domelo, 17 bulan itu.




Ada yang berbeda dari penampilan Mel yang kini bergabung dalam Ki Ageng Ganjur, kelompok musik bentukan Ngatawi Al Zastrow yang juga ketua Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia Nahdlatul Ulama itu. Jika dahulu dia tampil dengan busana khas rocker wanita yang sengaja dibuat sobek-sobek dan sedikit terbuka, serta rambut ditata ala punk, kini Mel mengenakan jilbab. ”Ini (jilbab, Red) saya pakai sejak Februari 2007, saat sebelum berangkat haji. Tapi, walau gini tetap ngerock kok Mas, ha ha ha,” seloroh penyanyi rock seangkatan Cut Irna, Lady Avisha, dan almarhumah Nike Ardila ini.




Penyanyi yang sempat bergabung dengan Loggis Record -manajemen artis bentukan Log Zelebhour- itu mengaku selalu menyiasati penampilannya agar tak kehilangan identitas sebagai lady rocker. ”Gimana ya, pokoknya saya pengen jadi lady rocker Islamik lah. Kalau dulu waktu muda saya pakai singlet dipadu rock ketat sobek-sobek, sekarang masih, tapi, ada pakaian juga di dalamnya,” ujar penyanyi yang melejit namanya setelah meluncurkan lagu Bianglala pada 1989 itu lantas tertawa.




Kini, bersama Ki Ageng Ganjur, rata-rata Mel manggung tiga kali sebulan. Wanita yang mengaku pernah ditangani promotor Denny Sabri itu juga masih gemar jogging untuk menjaga kualitas vokal. Selain diundang untuk bernyanyi, Mel juga kerap diminta melantunkan ayat-ayat suci Alquran. Sebab, selain sebagai penyanyi rock, Mel dikenal sebagai qariah.




Saat remaja, dia bahkan menyabet gelar qariah terbaik tingkat Kecamatan Cikapundung, Bandung. Aktivitas lama itu kembali intens ditekuni sejak akhir 2006 lalu. ”Nah, dari sana kali pertama saya merasakan nikmatnya memakai jilbab. Memang sudah saatnya kali ya,” ujar penyanyi yang mengaku kini kerap tampil sepanggung bersama pedangdut Evi Tamala itu.




Mel yang menelurkan enam album itu mengaku juga berusaha menyesuaikan tingkah polahnya di panggung dengan pakaian yang lebih tertutup. Jika dulu bisa berulah sesuka hati di depan kerumunan penonton, kini pengidola David Coverdale (vokalis White Snake) itu dituntut lebih santun.




”Jingkrak-jingkrak masih tetap, tapi tak separah dahulu. Sekarang sudah tak ada lagi guling-gulingnya di panggung,” bebernya. Penyanyi yang mengaku tak tahu arti nama populernya -Shandy- itu juga kerap diprotes sang anak kala penampilannya terlalu atraktif atau berpakaian terlalu ketat. (nw)






Sumber: Jawa Pos,Pikiran Rakyat

16 thoughts on “Selain Nyanyi, Mel Shandy Masih Tekuni Qariah

  1. amaltiagunawan said: mbak, kowe teyeng kiroah ra? mesti plegak pleguk wekekkeke *mulih ndak disawat srandal*

    yuh…Amaltia ki piye to..ora ngerti nek mbak Wie ki yo mantan Qori’ah asal Suroboyo
    mbak iklanne jenengan wis metu ki…bagus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s