journal / post / renny jayusman / rock

Para Mantan Lady Rocker Indonesia dan Aktivitasnya Kini,Garap Album Presiden SBY, Wira-wiri ke Istana


Kamis, 12 November 2009

TAK BERUBAH:




Meski usianya sudah 50 tahun dan bercucu (dipangku), penampilan Reny Jayusman tak berubah. Ciri khasnya, berkalung dan pakai gelang.(lucky nur hidayat/jawa pos)


Renny Jayusman kini sudah menjadi nenek. Namun, penampilannya tak berubah, tetap nyentrik. Belasan kalung menjuntai di leher, beberapa gelang melingkar di tangan, berkacamata hitam, dan kain motif khas Nusa Tenggara Timur menghiasi kepala. Apa aktivitasnya kini?










SEMUA aksesori itu membuat Renny Jayusman sangat mudah dikenali. Apalagi, saat lady rocker gaek kelahiran Semarang, 2 Januari 1959 tersebut mengucapkan beberapa kata. Suaranya tetap serak dan menggelegar.




"Saya ya gini ini, berubah atau tidak, orang lain yang bisa menilai. Masih kaosan oblong, pakai jaket, dan celana jins bolong-bolong. Tapi, nggak urakan banget kayak dulu dan sudah berkurang jauh mabuk-mabukannya," terang Renny saat ditemui di Warung Empek-empek Gaul miliknya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.




Asal tahu saja, barang-barang yang selalu menciptakan suara gemerincing saat mantan istri sutradara film Putu Wijaya itu bergerak tidak memiliki arti yang terlalu dalam. Bahkan, Renny lupa dengan asal-muasal beberapa kalung miliknya itu.




"Iki watu apa ya? Aku nggak ngerti, lali aku, Mas. (Ini batu apa ya? Saya tidak mengerti, saya lupa Mas, Red). Pokoknya menarik, kubeli, dan kupakai," ujarnya ketika ditanya tentang salah satu kalung dari untaian batu-batu kecil berwarna biru yang dikenakannya.




Sejak 24 tahun lalu, Renny yang mengaku masih sulit berhenti merokok itu mulai memasang puluhan aksesori di tubuhnya. "Asyik saja pokoknya. Selain saya suka hal-hal yang berbau gipsy, gaya nyentrik ini juga membuat saya memiliki karakter kuat di dunia hiburan. Tak hanya dulu, tapi juga sampai saat ini," jelasnya.




Kalung dan gelang juga menemani Renny kala tidur. Ibu dua anak itu, Yuka Mandiri (27), dan Indra Kharisma (22), bahkan mengatakan tetap berdandan ala gipsy saat berkunjung ke Istana Kepresidenan. "Alhamdulillah, ngga diusir tuh. Mungkin karena mereka sudah tahu saya seperti ini," ujar Renny, lantas tertawa terbahak-bahak.




Kini penyanyi yang telah menelurkan tiga album itu tengah sibuk wira-wiri, ke luar masuk Istana Negara. Nenek satu cucu, yakni Ryu Paradigma, itu tengah sibuk terlibat membidani kelahiran album keempat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). "Saya terlibat sejak album yang berkonsep instrumentalia atau ketiga milik SBY bertajuk Evolusi dan dirilis Januari lalu. Itu semua berlanjut sampai pengerjaan album keempat yang akan di-launching dalam waktu dekat," terang Renny.




Renny yang menjadi penanggung jawab produksi dalam penggarapan album tersebut mengatakan, waktunya banyak tersita untuk proyek itu. Sebab, sembilan lagu di album tersebut dinyanyikan sembilan penyanyi yang masing-masing memiliki kesibukan berbeda.




Selain itu, tak mudah menemui sang empunya lagu, yakni Presiden SBY, yang juga memiliki jadwal sangat padat. Renny harus meminta persetujuan langsung dari SBY menyangkut segala sesuatu berkaitan dengan album, seperti klip video, aransemen, dan sebagainya.




Renny kini juga tengah sibuk mempersiapkan peluncuran single-nya berjudul No Drugs. Tembang tersebut adalah karya komposer gaek Areng Widodo yang sempat populer dengan lagu Syair Kehidupan.




"Lagu (No Drugs, Red) ini rock, gitarnya penuh distorsi. Nanti, secepatnya, saya buat nada sambung pribadi untuk handphone yang bisa di-download seperti lagu Gebyar-Gebyar milik Gombloh yang saya nyanyikan lagi dan dirilis Juli lalu," jelas pendiri Teater Yuka pada 1989 itu.





Pementasan teater juga masih sering dilakoni penyanyi yang pada 1994 sempat merilis album Tabu hasil kolaborasinya dengan Fariz RM itu. Bagi Renny yang sempat menghabiskan masa kecil di kawasan Undaan Kulon, Surabaya, kini semua telah cukup dan patut untuk disyukuri. "Aku sekarang nggak terlalu ngotot kerja seperti dulu. Obsesi terbesarku adalah punya pedepokan yang ada sekolahnya, studio, dan tempat pameran untuk menampung anak putus sekolah," terangnya.




Selain itu, wanita yang tinggal di daerah Ragunan itu sangat berharap bisa umrah bersama kedua anaknya. "Saya sudah umrah pada November tahun lalu. Itu nggak sengaja karena mendapat hadiah dari salah seorang komunitas. Tapi, semua itu yang mengubah hidup saya sekarang," jelas Renny.




Karena umrah pula, wanita yang juga aktif di Front Persatuan Bangsa itu menyatakan ingin berubah lebih baik. Sebab, saat di Makkah, dia sempat menangis sejadi-jadinya. "Sebab, pada subuh saat saya akan umrah, saya mens (menstruasi, Red). Padahal, saya minum obat agar menghambat mens. Saya takut banget, Allah tak menerima kehadiran saya. Tetapi, setelah saya berdoa, tiba-tiba mens berhenti. Saya langsung sujud syukur. Eh, setelah umrah, mens saya selesai, alhamdulillah..," jelasnya dengan mata berkaca-kaca.




Menurut dia, sangat banyak hikmah yang bisa dipetik dari Tanah Suci. "Setiap saya kehausan dan kelaparan, ada yang kasih minuman dan makanan. Saya orangnya sangat bawel dengan kebersihan hotel, toilet, dan lain-lain. Tetapi, di sana saya bisa ikhlas," tutur wanita yang juga tengah mempersiapkan pergelaran peringatan 100 hari wafatnya penyair WS Rendra itu.(nw)

Sumber : Kaltimpos

13 thoughts on “Para Mantan Lady Rocker Indonesia dan Aktivitasnya Kini,Garap Album Presiden SBY, Wira-wiri ke Istana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s