photos / post / rasela

Mengenang Almarhum Eddy Rasela

Telah setahun Editiya atau lebih dikenal dengan nama Eddy Rasela meninggalkan kita.Drummer bertubuh kerempeng itu telah meninggal dunia karena kanker pada tanggal 7 Juni 2007 silam.

Bersama Dicky,Nadjib Oesman,Jessy,Sonny dan Jeddy,Eddy ikut bergabung dengan Rasela sejak tahun 1971.Rasela sendiri merupakan akronim dari Rajawali Selatan,tempat mangkal anak band yang sama sama menggemari musik rock.

Pada tahun 1972 Rasela mendapat tawaran rekaman dari Eugene Timothy (Remaco) yang sempat menghasilkan hits "Ku Pergi Bersama Lagu" .Lagu ini sempat di putar di beberapa radio swasta niaga saat itu.Sayangnya Rasela hanya sempat merilis 2 album saja.Dicky dan Nadjib Oesman malah ikut bergabung dengan kelompok Cockpit yang didukung Emmand Saleh,Farid Hardja,Paultje Endoh,Opop dan Adjie Bandy yang baru saja lepas meninggalkan C’Blues.

Di tahun 1975 Eddy bersama Nadjib Oesman diajak Nomo Koeswoyo sebagai band pengiring puterinya Chicha Koeswoyo yang merilis album perdana "Helly" pada label Yukawi Record yang bermarkas di Bogor.

Nomo lalu mengajak Eddy dan Nadjib beserta bassist Wempy Tanasale (Jopie Item Combo) untuk mendukung formasi No Koes yang baru saja ditinggalkan Usman,Sofyan dan Said untuk mengibarkan panji Usman Bersaudara.

Eddy sendiri pada akhir 70-an juga sering nongkrong Jalan Pegangsaan No.12 Menteng,kediaman Keenan Nasution.Selain aktif ikut pengajian,Eddy pun ikut mendukung penampilan dari Gang Pegangsaan.Pada saat Keenan Nasution cs menggelar konser "Negeriku Cintaku" di Taman Ismail Marzuki,Eddy pun siap di belakang drum.Saat itu terlihat pemandangan unik,di panggung tersedia 3 drum set yang masih masing digebuk oleh Keenan Nasution,Fariz RM dan Eddy Rasela.

Di tahun 1980 Eddy diajak Keenan Nasution untuk bermain drum dalam album solonya "Akhir Kelana" (DD Record,1980).

Di awal tahun 90-an Eddy pun diajak bergabung dalam kelompok Al Haj yang digagas almarhum Benyamin S.Secara kebetulan para pendukung album ini,kecuali Harry Sabar,sama sama memiliki gelar haji mulai dari Haji Benyamin S,Haji Keenan Nasution,Haji Odink Nasution dan tentunya Haji Eddy Rasela.Al Haj pada tahun 1991 sempat merilis sebuah album bertajuk "Biang Kerok".Di album ini Harry Sabar bertindak sebagai music director.

Pada tahun 1998 Rasela pernah melakukan reuni yang digagas oleh Radio M97FM dengan menggelar pertunjukan di Waroeng Kemang Jakarta Selatan bertajuk "Legend Of Uriah Heep".Saat itu Rasela memang didapuk untuk membawakan sederet hits milik kelompok hard rock Inggeris Uriah seperti "July Morning","Come Away Melinda","Sweet Freedom" dan banyak lagi.Namun Raselka toh masih sempat menyusupkan lagu karya mereka "Ku Pergi Bersama Lagu".

Dan kini Eddy Rasela memang telah pergi meninggalkan kita semua.

Denny Sakrie

One thought on “Mengenang Almarhum Eddy Rasela

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s