journal / pernik / post

Perkembangan Bisnis Mbak Tar



Masih ingat cerita saya soal mbak tar? Pembantu saya yang saya ajari jualan pulsa? Nah ternyata perkembangan bisnisnya cukup pesat. Dengan promosi dari mulut ke mulut di tempat Agus – tukang sayur, omsetnya kian hari kian meningkat. Tidak hanya pembantu,tukang , atau baby sitter saja yang menjadi pelanggannya, tapi juga para juragan ikut membeli pulsa di mbak Tar. Untuk pulsa 5 ribu, dia menjual 6 ribu…ini untungnya menjadi sangat tinggi. Setelah saya hitung2, net profit sebulan antara 300 ribu – 400 ribuan.

Tapi dengan adanya masukan dari Cecep Surancep soal temannya yang modalnya habis gara2 diutang, saya menjadi sangat ketat mengawasi tentang itu. Aturan yang saya pakai adalah :

– pembantu maksimal utang 50 rb
– baby sitter

maksimal utang
100 rb.

Dalam waktu 2 bulan, uang saya sejumlah sejuta, yang menjadi modal awal dia, dikembalikan . Dan sekarang dia memodali sendiri usahanya.

Dampak negatif tentunya ada , yaitu :

– perkerjaan utama sedikit terganggu, apalagi kalau pulsanya nggak masuk2
– kalau saya di rumah, saya akan menjadi penerima tamu buat dia, karena pelanggannya akan ngebel terus – menerus di rumah saya

Tapi semua masih bisa ditoleransi….

Ternyata ada yang menarik dalam soal bisnis pulsa ini, yaitu bergesernya belanja kaum menengah ke bawah dari kebutuhan akan sandang dll ke arah pembelian pulsa.K arena berdasarkan pantauan saya, pengeluaran rata2 untuk pembelian pulsa :

– Pembantu : 50 rb – 100 rb
– Babby Sitter : 100 rb – 200 rb

Artinya mereka mengalokasikan minimal 10 % dari penghasilan mereka buat beli pulsa. Belum lagi sanak famili di kampung, sekarang nggak minta dikirimi wesel kaya jaman dulu, tapi minta dikirimi pulsa……

Jadi sebenarnya bisnis pulsa ini cukup menjanjikan, karena pasarnya makin banyak, terutama setelah maraknya fesbuk. Tapi banyaknya pemain menyebabkan marginnya juga makin kecil. Tapi sebenarnya kalau ditekuni, cukup menjanjikan!!


27 thoughts on “Perkembangan Bisnis Mbak Tar

  1. nadanusantara said: – kalau saya di rumah, saya akan menjadi penerima tamu buat dia, karena pelanggannya akan ngebel terus – menerus di rumah saya

    pangkatmu saiki tambah no yu ….. juragan ngiras pantes sebagai telpon operator ……. wkekekekekek

  2. nadanusantara said: – kalau saya di rumah, saya akan menjadi penerima tamu buat dia, karena pelanggannya akan ngebel terus – menerus di rumah saya

    aku ndaktar dadi pembantumu, yu…
    sopo ngerti taun ngarep dimodali iso dadi direktur

  3. rawins said: aku ndaktar dadi pembantumu, yu…sopo ngerti taun ngarep dimodali iso dadi direktur

    di kantor saya, banyak temen yang samben usaha ini, hasilnya lumyan katanya, dan terlebih lagi, mereka bisa jadi andalan kalo pas di kantor, pulsa abis dan nggak bisa keluar kantor …

Leave a Reply

