Mbak Darmi………………





Tadi pagi sempat membaca cerita
mas Cuk soal mbak Darmi [ mas Cuk menyebutnya Yu Darmi ], saya jadi teringat sosok itu.

Mbak Darmi, kebetulan adalah tetangga saya di Yogya [ rumahnya Bausasran mepet Macanan ], sewaktu kecil memang sangat terkenal diantara ibu2 di kampung saya. Kebetulan karena ibu saya seorang janda [ ayah saya meninggal pas saya kelas 2 SD ], jadi rumah saya menjadi tempat ngerumpi ibu2 [ saya nguping]…Penangkapan saya waktu itu adalah mbak Darmi itu ‘ perempuan nakal". Dan setelah saya beranjak dewasa, baru tau kenapa setiap kali mbak Darmi lewat di depan rumah saya, selalu ibu2 berbisik-bisik…




Setiap mbak Darmi ini berangkat kerja, dia tidak pernah memakai baju seksi [ rok mini atau kaos berdada rendah ], tapi selalu memakai kaos turtle neck [ untuk menutupi gondok di tenggorokannya ] berwarna hitam dan membawa payung hitam. Entah apa maksudnya..Sedia payung sebelum hujan??? Dengan rambut dikucir model ekor kuda , badan tinggi semampai, kulit kuning,dan lipstick merah membara, dia siap menjajakan dirinya…..

Dan profesi ini berlangsung cukup lama, sampai saya mahasiswa, saya masih sering ketemu beliau di seputar SMU 3. Bila kami pulang kuliah bersama-sama dengan teman laki2 saya, maka mereka akan berteriak menyapa " Sugeng ndalu [ selamat malam ], Tante Darmi " Dan biasanya dia menjawab sapaan itu…..Dan pada saat itu badannya mulai gemuk, tidak langsing lagi seperti saya liat ketika saya masih SD…..

Saking ngetopnya mbak darmi ini, radio Geronimo sempat mewawancara beliau, tentang aktifitas dan tarifnya….. Dan diwawancara itu dia menyebut ‘ so time ‘ untuk kata ‘ short time’ hehehehehhe……Yang jelas, saya tidak menyadari kalau mbak Darmi itu menjadi icon Yogya, seperti cerita mas Cuk, karena saya meninggalkan Yogya sudah cukup lama…….

Entah bagaimana sekarang nasib mbak Darmi, seorang pelacur yang setia pada profesinya sampai tua……………




22 thoughts on “Mbak Darmi………………

  1. ncep itu nyaut aja

    cilikanku aku yo wis tau sobo ning kotabaru kulon padmanaba kae
    ning wis tuwo wonge
    biasane karo tukang becak, nek jam 2 apa jam 3 wengi kae aku sok weruh
    aku udakara isih kelas 4-5 nan
    terus nek ra salah mbokde darmi iki pernah demenan karo guru bopkri sing dodol mie ayam ning cedak radio rasialima

  2. nadanusantara said: seorang pelacur yang setia pada profesinya sampai tua

    pantesan IF, Gombloh, Doelsumbang lagu2 nya banyak bercerita tentang pelacur yah…
    sampe Gombloh betah di lokalisasi buat bikin lagu…

  3. nadanusantara said: Saking ngetopnya mbak darmi ini, radio Geronimo sempat mewawancara beliau

    tapi report bodine punya nilai jual plus….
    punya bakat besar ikutan plus plus plus…

    punya stok yg gitu lagi ga, yu..?

  4. nadanusantara said: Saking ngetopnya mbak darmi ini, radio Geronimo sempat mewawancara beliau

    mbak wi
    ndangdut lama-ne kok rung diaplot
    kangjeng romo wingi tak telpon ngersakne ndangdut lama
    ana ora mbak

    bangsa Mega Mustika, Joni Iskandar dll
    lagune sing bangsa
    Memori daun pisang
    sepondok dua cinta
    rt 5 rw3
    Bola
    dokter cinta
    panen padi
    lebih baik sakit gigi
    dll

  5. nadanusantara said: Saking ngetopnya mbak darmi ini, radio Geronimo sempat mewawancara beliau

    mBa Darmiiiiiii…. eh salahh, mBak Tiwiiiiii…..

    *wong ki nangendi ya kok ra tau ngetok meneh, jare meh aktip dodolan kaset awit awal wulannn.. mesthi thekor kiii…

Leave a comment